Penanaman Religiusitas Untuk Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Pada Anak Usia Dini
Kata Kunci:
Religiosity, multiple intelligences, early childhoodAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran penanaman religiusitas dalam optimalisasi kecerdasan majemuk pada anak usia dini di TK Mutiara hati Kota Probolinggo. Penanaman religiusitas pada usia dini dipercaya dapat berpengaruh positif terhadap perkembangan holistik anak, termasuk perkembangan kecerdasan majemuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian Deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dengan snowball sampling, sumber data yang digunakan ialah primer dan sekunder. Analisa data menggunakan analisa miles huberman. Selain kecerdasan kognitif, anak-anak juga memiliki kecerdasan emosional, sosial, dan spiritual yang perlu diperhatikan. Hasil dari penelitian diperoleh temuan bahwa peningkatan kecerdasaan majemuk anak usia dini dapat dilakukan melalui penanaman religiusitas yang terdiri dari beberapa kegiatan sebagai berikut ; pertama, pembiasaan ubudiyah (pembacaan asmaul husna, doa harian hadits dan surat pendek, sholat dan bacaannya) kedua kegiatan bercerita sirah nabawi, ketiga bakti sosial, keempat penggunaan APE berbasis islami, kelima kegiatan amal jumat, keenam Tadabbur alam. Penekanan pada nilai-nilai agama dan kegiatan spiritual dalam pendidikan anak-anak dapat membawa dampak positif dalam perkembangan holistik mereka, sehingga menciptakan generasi yang berintegritas, berempati, dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat