Journal Manejemen Pendidikan Islam https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema <p>Skema : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Miftahul Midad Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Jurnal ini menerbitkan artikel-artikel yang menarik bagi para praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini memuat artikel penelitian, laporan penelitian asli, review pendidikan Islam di berbagai bidang meliputi: 1) Kepemimpinan, 2) Manajemen Hubungan Masyarakat, 3) Perilaku Organisasi, 4) Budaya Organisasi, 5) Manajemen Sumber Daya Manusia, 6) Manajemen Keuangan, 7) Pengambilan Keputusan, dll.</p> en-US Thu, 13 Jun 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 SINERGITAS TEAMWORK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI MADRASAH https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema/article/view/88 <p>This research aims to analyze and understand the percentage of teamwork synergy in improving educational services in madrasas. This research was conducted using a qualitative case study type approach. This research was conducted at the Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Tunggak Cerme Village, Wonomerto District, Probolinggo Regency. The data analysis technique in this research uses the Miles and Huberman data analysis model with stages of data reduction, data display, and conclusion. Based on the results of research conducted, it shows that in its application, (1) The use of technology, primarily web-based and mobile applications, has helped facilitate communication and collaboration between members of the education team at the madrasah. (2) Training and development of Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum educators increasingly recognize the importance of continuous training and development for educators. (3) Partnerships with local communities, significantly strengthening teamwork synergy by involving local communities in educational efforts. (4) Increasing parent-teacher communication to improve madrasas' educational services. So, the synergy of teamwork in improving educational services underlines how vital teamwork is in the context of the Ibtidaiyah Miftahul Ulum madrasah.</p> Muhammadmuhsin UNUJA, suhermanto Pascasarjana Universitas Nurul Jadid Copyright (c) 2023 Journal Manejemen Pendidikan Islam https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema/article/view/88 Sat, 23 Mar 2024 00:00:00 +0000 GURU YANG INSPIRATIF MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI YANG POSITIF DAN BERPRESTASI https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema/article/view/91 <p>Keberhasilan suatu Institusi Pendidikan dipengaruhi oleh kinerja dari sumber daya manusia yang dimilikinya. Budaya organisasi dapat memberikan arahan bagi setiap organisasi di bidang pendidikan dan anggota organisasi untuk mencapai visi dan misinya. Tujuan dari penelitian ialah untuk menggali pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja tenaga pendidik di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review dengan menggunakan data-data sekunder dari penelitian sebelumnya, bersumber dari buku, artikel, dan jurnal yang terbit dalam 4 tahun terakhir. Penulis memaparkan teori dan konsep budaya organisasi serta memaparkan hasil penelitan tentang pengaruhnya bagi kinerja tenaga pendidik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi memiliki peran yang signifikan dalam mempengaruhi kinerja tenaga pendidik. Pola perilaku, norma, nilai-nilai, dan filosofi yang ada dalam budaya organisasi memiliki dampak yang kuat terhadap motivasi dan tingkat kepuasan tenaga pendidik. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor yang berkontribusi pada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja tenaga pendidik, seperti lingkungan kerja, kepuasan kerja, iklim organisasi dan motivasi. Dengan memahami pengaruh budaya organisasi yang positif terhadap kinerja tenaga pendidik, institusi pendidikan dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan prestasi akademik. Pengelolaan budaya organisasi yang tepat dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan potensi tenaga pendidik dan mendorong prestasi yang lebih baik dalam dunia Pendidikan.</p> saifulhaq unuja Copyright (c) 2023 Journal Manejemen Pendidikan Islam https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema/article/view/91 Wed, 27 Dec 2023 00:00:00 +0000 Manajemen Pembiayaan Berbasis Filantropi Islam di Pondok Pesantren https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema/article/view/115 <p>Artikel mendeskripsikan manajemen pembiayaan pendidikan berbasis filantropi islam di pondok pesantren.&nbsp; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diteliti terjaga kualitasnya dan berbentuk kata atau kalimat yang berasal dari berbagai karya-karya ilmiah. Pembahasan penelitian dilakukan dengan deskriptif. Langkah-langkah analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analysis induktif Model dari Spradley .Berdasar hasil penelitian setelah didialogkan dengan hasil kajian konseptual dapat dideskripsikan menjadi bahwa manajemen pembiayaan Pendidikan berbasis filantropi Islam di Pondok Pesantren mencakup tiga kegiatan yang meliputi Perencanaan sumber pembiayaan pendidikan berbasis filantropi, pengalokasian dan penyaluran pembiayaan dana filantropi, pengawasan dan pertanggungjawaban (audit) dana filantropi.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>&nbsp;manajemen, pembiayaan pendidikan, filantropi, pondok pesantren</em></p> Roshiful Aqli Qosyim, Choiron Firmansyah Copyright (c) 2024 Journal Manejemen Pendidikan Islam https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema/article/view/115 Wed, 13 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pengembangan Kompetensi Kerja Guru dan Perilaku Kewarganegaraan Organisasi di Lembaga Pendidikan Islam https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema/article/view/125 <p><strong>Abstract :</strong></p> <p><em>This article aims to describe the perspective of teacher competency development in improving Organizational Citizenship Behavior in Islamic Educational Institutions. The method used is the library research method. The data collection method used is the documentation method. The data analysis technique used is content analysis. To maintain the accuracy of the assessment and prevent errors in information in data analysis, cross-library checks and re-reading of the literature are carried out and paying attention to reviewer comments. The results of this study are the abilities/skills of a teacher in the form of knowledge, skills, attitudes and values ​​in carrying out their duties as educators, which are measured through the dimensions of pedagogical competence, personality competence, professional competence, social competence so that they can develop cognitive, affective and psychomotor behavior as well as possible</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Keywords : </strong><em>Teacher competence, behavior, citizenship, organization</em></p> Umi Karimatul Azizah umi Copyright (c) 2024 Journal Manejemen Pendidikan Islam https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema/article/view/125 Sat, 03 Aug 2024 00:00:00 +0000