GURU YANG INSPIRATIF MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI YANG POSITIF DAN BERPRESTASI

Main Article Content

Abstract

Keberhasilan suatu Institusi Pendidikan dipengaruhi oleh kinerja dari sumber daya manusia yang dimilikinya. Budaya organisasi dapat memberikan arahan bagi setiap organisasi di bidang pendidikan dan anggota organisasi untuk mencapai visi dan misinya. Tujuan dari penelitian ialah untuk menggali pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja tenaga pendidik di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review dengan menggunakan data-data sekunder dari penelitian sebelumnya, bersumber dari buku, artikel, dan jurnal yang terbit dalam 4 tahun terakhir. Penulis memaparkan teori dan konsep budaya organisasi serta memaparkan hasil penelitan tentang pengaruhnya bagi kinerja tenaga pendidik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi memiliki peran yang signifikan dalam mempengaruhi kinerja tenaga pendidik. Pola perilaku, norma, nilai-nilai, dan filosofi yang ada dalam budaya organisasi memiliki dampak yang kuat terhadap motivasi dan tingkat kepuasan tenaga pendidik. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor yang berkontribusi pada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja tenaga pendidik, seperti lingkungan kerja, kepuasan kerja, iklim organisasi dan motivasi. Dengan memahami pengaruh budaya organisasi yang positif terhadap kinerja tenaga pendidik, institusi pendidikan dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan prestasi akademik. Pengelolaan budaya organisasi yang tepat dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan potensi tenaga pendidik dan mendorong prestasi yang lebih baik dalam dunia Pendidikan.

Article Details

How to Cite
unuja, saifulhaq. (2023). GURU YANG INSPIRATIF MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI YANG POSITIF DAN BERPRESTASI. Journal Manejemen Pendidikan Islam, 1(2), 72–85. Retrieved from https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema/article/view/91
Section
Articles