MODEL INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN DI STIT MIFTAHUL MIDAD LUMAJANG
Keywords:
pembelajaran, moderasi beragama, perguruan tinggiAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi model internalisasi nilai-nilai istiqomah dalam upaya memperkuat moderasi beragama para mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Miftahul Midad Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara studi dokumentasi kemudian observasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tahapan analisis data yaitu tahap reduksi, tahap penyajian data dan kegiatan verifikasi. Berdasar temua penelitian dapat disimpulkan bahawa STIT Miftahul Midad Lumajang menginternalisasi nilai moderasi beragama berbasis pada proses pembelajar dilaksanakan dengan cara: menetapkan tujuan dan materi pembelajaran moderasi sesuai ideologi ahlussunnah wal-jama’ah, memilih metode pembelajaran yang bersifat inklusif, melalui kegiatan ekstrakurikuler dan melalui aktivitas rutin dalam kegiatan keagamaan.
References
Asis, Abdul, A. Riawarda, and Rukman Abdul Rahman Said, ‘Implementasi Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Di SMP Negeri 3 Mengkendek Kabupaten Tana Toraja’, Palita: Journal of Social Religion Research, 8.1 (2023), 97–108 <https://doi.org/10.24256/pal.v8i1.3229>
Awaluddin, A Fajar, ‘Konsep Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Al-Quran’, Jurnal Al-Wajid, 2.1 (2021), 379–89
Fauzi, Ahmad, and Ika Wahyu Pradipta, ‘Research Methods and Data Analysis Techniques in Education’, JPBI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4.2 (2018), 123–34 <https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5889>
Gunawan, Heri, Mahlil Nurul Ihsan, and Encep Supriatin Jaya, ‘Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung’, Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6.1 (2021), 14–25 <https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702>
Harmi, Hendra, ‘Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama’, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7.2 (2022), 228 <https://doi.org/10.29210/30031757000>
Kolachi, Nadir Ali, and Abu Zar Wajidi, ‘The Role Of Qualitative Research In Productivity’, Journal of Business & Economics Research (JBER), 5.11 (2017), 77–84 <https://doi.org/10.19030/jber.v5i11.2608>
Najmi, Hayatun, ‘Pendidikan Moderasi Beragama Dan Implikasinya Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik’, Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9.1 (2023), 17–25 <https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2067>
Pelu, H, and N Nur, ‘Penerapan Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah’, Educandum, 8.2 (2022), 246 <https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/888%0Ahttps://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/download/888/459>
Prasetio, Dicky Eko, ‘Urgensi Pembelajaran Moderasi Beragama Dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Yaspira Ngambon Bojonegoro Jawa Timur’, JSG: Jurnal Sang Guru, 11.1 (2022), 28 <https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/index>
Rahman, Md Shidur, ‘Pendekatan Dan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian’, Journal of Education and Learning, 6.1 (2016), 102 <https://doi.org/10.5539/jel.v6n1p102>
Rahmi, Naila, Abdul Gani, and Jamora Nasution, ‘Penguatan Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran PKN Di MIN 7 Kota Medan’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12.2 (2023), 1929–44 <https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4457>
Richey, Rita C., and James D. Klein, ‘Developmental Research Methods: Creating Knowledge from Instructional Design and Development Practice’, Journal of Computing in Higher Education, 16.2 (2015), 23–38 <https://doi.org/10.1007/BF02961473>
Saefuddin, Acep, Cecep Sumarna, and Abdul Rozak, ‘Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam Di Abad 21’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2.6 (2023), 11–17 <https://doi.org/10.5281/zenodo.7769740>
Sakiratuka, Amalia Anis, Ahmad Shofiyuddin, and Ahmad Muthi’uddin, ‘Aktualisasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Negeri 5 Bojonegoro’, AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 5.2 (2023) <https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i2.2132>
Shofyan, Ahmad, ‘Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0’, Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1.2 (2022), 126–40 <https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.24>
Wiguna, Ida Bagus Alit Arta, and Ida Ayu Made Yuni Andari, ‘Moderasi Beragama Solusi Hidup Rukun Di Indonesia’, Widya Sandhi Jurnal Kajian Agama Sosial Dan Budaya, 14.1 (2023), 40–54 <https://doi.org/10.53977/ws.v14i1.949>
Williams, Carrie, ‘Metode Penelitian; Analisis Kualitatif Dan Kuantitatif’, Journal of Business & Economic Research, 5.3 (2015), 81–82 <https://doi.org/10.1007/978-3-319-10906-0_5>